Monday, December 29, 2014

Pelatihan Kaligrafi


Pada hari Minggu, 28 Desember 2014 DPD LDII Kota Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan sehari Dasar-dasar Kaligrafi bagi tenaga pengajar TPA LDII Kota Yogyakarta di Kantor PPG Gedongkiwo Yogyakarta. Para pengajar cabe rawit perlu perhatian khusus mengingat peran penting dalam mendidik cabe rawit yang merupakan generasi penerus estafet perjuangan di masa yang akan datang.

            Kegiatan ini dilaksanakan untuk menunjang pencapaian tujuan Tri Sukses pembinaan generasi muda LDII yaitu alim faqih, ahlaqul karimah dan kemandirian. Generasi muda LDII dibina agar memahami ilmu Agama Islam yang berdasarkan Al Qur’an dan Al Hadits sehingga menjadi generasi yang alim dan faqih dalam mengarunigi kehidupan ini. Di samping itu generasi muda dibina agar memiliki ahlaqul karimah dengan dikajikan materi tata karma, kitabul adab, dan materi kajian lain yang berkaitan dengan norma-norma sehingga memahami norma, adat dan budaya yang berlaku di dalam masyarakat. Agar generasi muda siap menghadapi kehidupan di masa yang akan datang, generasi muda LDII diberikan materi konsep kemandirian sehingga memiliki sikap siap menghadapi kehidupan yang penuh dengan tantangan, persaingan dan perlu perjuangan.

         Pelatihan diikuti oleh 31 orang peserta guru-guru TPA yang biasa mengajar cabe rawit (usia TK, SD) baik laki-laki maupun perempuan. Instruktur pelatihan ini 6 orang dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu Toha Putra, Muhammad Ragil AS, Fauzan Arif Hanafi, Mustiani, Rabiatul Adawiyah, Syarifah Layli.

            Pada sambutannya Ketua Panitia Bob Sadjino, S.Pd menyampaikan bahwa DPD LDII Kota Yogyakarta ada 30 – 40 buah TPA setiap TPA memiliki rata-rata 8 – 15 orang murid. Materi pelajaran TPA mulai dari baca Al Qur’an melalui metode Tilawati, pelajaran ibadah, sampai dengan pengkajian materi Kitabussholah rata-rata 2 kali pelajaran setiap minggu. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar seni tulis menulis huruf arab sehingga para guru TPA akan mempunyai kemampuan lebih dalam membina siswa-siswa TPA yang terdiri dari para cabe rawit.

       Materi pelatihan meliputi teknik menulis kaligrafi, bahan dan alat yang diperlukan serta beberapa seni tambahan dalam menulis kaligrafi.
Share:

0 comments:

Post a Comment