Wednesday, October 31, 2012

Walikota Yogyakarta Terima Audiensi Pengurus DPD LDII

Pada hari Kamis, 18 Oktober 2012 Walikota Yogyakarta Drs. H. Haryadi Suyuti menerima audiensi Pengurus DPD LDII Kota Yogyakarta yang terdiri dari Dewan Penasihat dan Pengurus Harian yaitu Dr. H. Prayitno TS, H. Sudarsono, SKM, MA, Drs Tri Suranto, Joko Paryanto, A.Md, Ust. Imam Safii, dan Winoto Darmawan, S.Pd. Walikota saat itu mengenakan hem berwarna kuning, didampiongi oleh Mizbahuddin, S.Ag, Ka. Subbag TU Kemenag Kota Yogyakarta mewakili Kepala Kantor Kemenag yang sedang menunaikan ibadah haji,  menerima tamu-tamunya dengan ramah.

Kepada Walikota Drs. H. Prayitno TS selaku Ketua Dewan Pembina DPD LDII Kota Yogyakarta melaporkan kekuatiran dengan adanya fenomena global saat ini. Era global saat ini banyak aspek positif yang dirasakan antara lain dalam hal komunikasi dan informasi, namun ada sesuatu yang hilang dirasakan pada era globalisasi antara lain sikap sopan santun, guyub rukun, tata krama, solidaritas social, dan nilai kejujuran. Untuk itu LDII yang sudah ada di seluruh pelosok Indonesia termasuk DPD LDII Kota Yogyakarta menyelenggarakan program kajian Al Qur’an dan Al Hadits sebagai usaha membetengi pengaruh negatif kemajuan jaman.

Ketua DPD LDII Kota Yogyakarta, H. Sudarsono, SKM, MA, melaporkan DPD LDII Kota Yogyakarta membawahi 8 Pimpinan Cabang (PC) LDII yang ada di Kota Yogyakarta yaitu PC Gondomanan, PC Gondokusuman, PC Jetis, PC Umbulharjo, PC Wirobrajan, PC Kotagede dan PC Mantrijeron. LDII Kota Yogyakarta sebagai bagian masyarakat Yogyakarta merupakan organisasi sosial keagamaan sebagai wadah umat Islam untuk mempelajari dan mengamalkan Agama Islam  yang berdasarkan Al Qur’an dan Al Hadits, dengan target  pembinaan membentuk umat Islam yang berkarakter jujur, amanah, kerja keras, sederhana, rukun kompak dan dapat bekerjasama dalam kebaikan dengan latar belakang budaya Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan RI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam usaha mencapai target pembinaan  tersebut di atas, DPD LDII Kota Yogyakarta melakukan berbagai macam pengajian menurut kelompok umur, jenis kelamin, kelompok khusus dengan materi kajian tafsir Al Qur’an dan Al Hadits serta berbagai materi penunjang lainnya dalam membentuk warga LDII menjadi warga yang professional religious, serta menjadi warga negara yang baik dalam hidup bermasyarakat dan bernegara di Kota Yogyakarta. Pelaksanaan program pengajian diselenggarakan di tingkat Pimpinan Cabang (PC) maupun Pimpinan Anak Cabang (PAC). Dilaporkan juga bahwa sebagai bukti hasil pembinaan yang dilakukan oleh LDII, warga LDII jauh dari penyakit masyarakat yaitu minum minuman keras, berjudi, merokok, bergaul bebas serta penyakit masyarakat lainnya, yang merupakan pintu masuk kerusakan mental dan moral suatu bangsa.

Walikota Yogyakarta mengucapkan terima kasih atas silturrahim ini dan menyambut baik program yang dilaksanakan oleh LDII dan berharap dapat menciptakan masyarakat yang adil, sejahtera, agamis dan mewujudkan Kota Yogyakarta menjadi kota baldatun toyyibatun wa robbun ghofur. Walikota Yogyakarta juga menyampaikan Program Gemar Mengaji yang dicanangkan di Kota Yogyakarta saat ini. Program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji (Gemar Mengaji) merupakan program sederhana namun apabila dapat dilaksanakan, merupakan program yang sangat bermanfaat. Pada saat magrib stop bermain, matikan TV, laksanakan mengaji baik bagi anak maupun orang tua. Bahkan di Kantor Walikota saat magrib acara dinas juga stop aktivitas, kalaupn ada kegiatan yang sangat penting, ditunda sampai setelah Isa’. Walikota Yogyakarta menekankan fungsi keteladanan sangat penting dilakukan oleh siapapun, tidak saja menekankan fugnsi pengajaran. Apabila para alim ulama dan umara bersatu padu  dalam pembinaan masyarakat, Walikota yakin masyarakat akan menjadi baik. Walikota Yogyakarta mengharapkan LDII Kota Yogyakarta menjadi organisasi yang professional dan terbuka dengan semangat Segoro Amarto, semagat gotong royong agawe majune Ngayogyokarto.
Share:

1 comment:

  1. Pada bulan Romadhon tahun 2013/1434 H ini, DPD LDII Kota Yogyakarta mengajukan permohonan tarwih keliling kepada Bp. Walikota Yogyakarta. Walikota sudah memberikan jawaban bahwa tahun ini LDII belum mendapat giliran tarling Walikota. Ya sudah, tidak masalah, semoga tahun depan Walikota menyempatkan tarling bersama warga LDII.

    ReplyDelete