Monday, August 06, 2012

Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan

Oleh : Sigit Ariantawibawa (Sekretaris DPD LDII Kota Yogyakarta)

Assalamu ‘Alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Para Pembaca yang dimulyakan Oleh Allah SWT, dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda : ”Bulan yang paling mulia adalah bulan Ramadhan”. Ada beberapa keutamaan yang menjadikan bulan ramadhan, menjadi paling mulian diantara beberapa bulan.

Yang pertama ; bulan Ramadhan adalah bulan sabar. Dikatakan bulan Ramadhan adalah bulan sabar, karena memang setiap orang iman akan diuji kesabaranya di bulan Ramadhan, mereka dituntut untuk meninggalkan hawa nafsu, dituntut untuk meninggalkan apa-apa yang disenanginya, termasuk makan minum, amarah, syahwat yang kesemuanya itu dalam rangka untuk mencari Ridlo Allah SWT.

Maka jelas keutamaan yang pertama bulan Ramadhan di katakan bulan yang paling mulia karena memang bulan Ramadhan adalah bulan untuk menguji kesabaran setiap orang iman maka bersiaplah untuk mengikuti ujian kesabaran ini, bagaimana sabar kita didalam bulan Ramadhan dalam melaksanakan ibadah dan meninggalkan larangan Allah SWT.

Yang kedua : bulan Ramadhan juga dikatakan bulan ibadah. Bulan Ramadhan dikatakan bulan ibadah karena didalamnya banyak keutamaan, Allah melipat-gandakan pahala, memberikan banyak pengampunan. Sebagai contoh lipatan pahala membaca qur’an satu huruf (bukan satu kata) dilipattkan 10 kebaikan, sholat malam, shodakoh, memberi buka orang yang berpuasa mendapatkan pahala seperti orang yang diberi buka, lailatul qodar dimana ada satu malam yang kebaikannya melebihi seribu bulan, dan iqtikaf 10 hari diakhir Ramadhan seperti pahalanya orang yang umroh 2 kali.

Sebagaimana kita tahu bersama bahwa setiap golongan ada musim-musimnya. Para pedagang mereka ada musim dimana para konsumen mencari, sehingga tuntutan para pedagang siang dan malam berusaha meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Golongan petani mereka juga punya musim menanam, sehingga saat musim menanam mereka menyingsingkan lengan baju, mereka membanting tulang untuk menanam yang diharapakan mereka bisa menghasilkan dengan hasil yang memuaskan disaat panen.

Begitu juga para pelajar, mereka punya musim yaitu musim ujian yang mereka selalu mengulang-ulang pelajarannya, mereka meninggalkan tidurnya untuk belajar, supaya diujian mereka mendapatkan nilai yang bagus.

Begitu juga kita sebagai orang iman, ada musim ibadah atau musim pahala sehingga kita supaya mempersiapkan diri untuk menyongsong dan memanfaatkan bulan ramadhan dengan memperbanyak ibadah, kita supaya menggunakan waktu dengan sebaik baiknya untuk bisa mendapatkan panenan pahala yang banyak dengan kefadholan bulan ramadhan untuk bekal diakhirat nanti.

Kemudian yang ketiga: keutaman bulan Ramadahan adalah bulan kebaikan dan bulan rahmat. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW : ”Ketika datang bualan Ramadhan pintu-pintu Surga dibuka dan pintu-pintu Neraka di kunci, dan para setan di rantai sehingga tidak bebas mengganggu manusia”.

Maka jelas bulan Ramadhan adalah bulan yang suci, didalamnya banyak Rahmat dari Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW ”Bagi Allah didalam bulan Ramadhan setiap hari, setiap malam Allah memerdekakan hamba-hambanya”.

Para Pembaca yang dimulyakan oleh Allah SWT, marilah kita persiapkan kesehatan, jadwal kegiatan dan harta dalam rangka menyongsong dan mengisi kegiatan dibulan Ramadhan. Kami mengajak kepada para pembaca dalam bulan Ramadhan ini untuk menyukseskan puasa, sholat tarawih, tadarus, iktikaf, zakat dan shodakoh dan yang tidak kalah penting kita juga menjauhkan diri dari perbuatan perbuatan yang akan merusak pahala ibadah sebagai bekal kita menghadap kepada Allah SWT di akhirat kita nanti.

Semoga kita semua selalu mendapatkan ridlo  Allah SWT

Wassalamu ‘Alaiku Warohmatullahi Wabarokatuh

 
Share:

2 comments:

  1. Iya ni artikel mantep .... eits .jangan lupa setelah romadlon kita ada puasa sunnah 6 hari di bulan syawal

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah kita telah melewati ramadhan ... mudah-mudahan amal kita di terima Alloh SWT

    ???? ???? ??? ? ????

    ReplyDelete