Thursday, July 26, 2012

Menyambut Romadhon 1433 H

RamadhanRomadhon merupakan bulan yang penuh rohmat dan lipatan pahala, disambut dengan gembira oleh seluruh warga LDII Kota Yogyakarta. Seluruh Pimpinan Cabang (PC) LDII Kota Yogyakarta menyambut Romadhon 1433 H dengan berbagai kegiatan. Ada yang mengawali menyambut Romadhon ini dengan aksi kebersihan dan mengecat masjid, kemudian membentuk Panitia Pelaksana Kegiatan, menyiapkan dana yang diperlukan serta merancang materi kajian bulan Romadhon.

Salah satu PC yaitu PC LDII Kecamatan Gondokusuman menyambut Romadhon tahun ini dengan program khusus kajian Al Qur’an dimulai Juz 27 mengingat Romadhon adalah Syahrul Qur’an. Sesudah sholat tarwih dilanjutkan dengan tadarus Al Qur’an sampai dengan pukul 20.30, kemudian dilanjutkan dengan tafsir dan penjelasan Al Qur’an sampai dengan pukul 21.30, dilanjutkan session sesudah sholat Subuh mulai pukul 05.00 sampai dengan 06.00. Kegiatan ini dilakukan sampai 20 hari pertama Bulan Romadhon.

Menurut Ketua Panitia, Arista Rian, kegiatan ini bertujuan untuk mengambil manfaat dan barokah Bulan Romadhon serta untuk membina kefahaman warga. Tadarus Al Qur’an dipandu oleh Ustadz Mustofa Ali, sedangkan tafsir dan penjelasan Al Qur’an dikajikan oleh Ustadz Muhammad Syafei dan Ustadz Nur Hidayatulloh. Warga LDII Kecamatan Gondokusuman cukup semangat dalam menyambut program ini, setiap malam cukup banyak warga yang mengikuti pengajian yang dilaksanakan di Masjid Ar Royyaan Kepuh.  Ditargetkan  selama 20 hari dapat mengkhatamkan 4 juz Al Qur’an mulai dari dari Juz 27 sampai Juz 30.

Salah satu peserta yang tidak mau disebut namanya mengatakan bahwa kegiatan kajian Al Qur’an secara intensif sangat diperlukan agar tafsir dan penjelasan Al Qur’an segera khatam, karena apabila tidak ada program intensif seperti ini diperlukan waktu bertahun-tahun untuk mengkhatamkan tafsir Al Qur’an.

Kegiatan ini akan dilanjutkan pada 10 malam akhir bulan Romadhon dengan taharri lailatal qodar  untuk meraih pahala yang lebih baik daripada 1000 bulan. Taharri lailatal qodar  di PC Gondokusuman Insya Alloh diselenggarakan mulai malam 21 setiap malam baik malam genap maupun malam ganjil, mulai pukul 21.00 sampai 02.30 dengan acara tadarus dan tafsir Al Qur’an, tafsir Al Hadits, nasihat agama serta ibadah secara individu. Malam qodar yang turun di antara 10 malam akhir di bulan Romadhon merupakan malam istimewa, karena pada malam itu Alloh memberikan pahala lebih baik dari pada 1000 bulan, oleh karena itu kesempatan ini perlu dimanfaatkan, tidak boleh dilewatkan karena hanya ada sekali dalam setahun.
Share:

0 comments:

Post a Comment