Thursday, July 19, 2012

Kesehatan Merupakan Nikmat Yang Sangat Berharga

Ada ungkapan mengatakan kesehatan bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan hilang segalanya. Ungkapan itu memang tidak berlebihan, kenyataan harta yang melimpah, fasilitas lengkap, pangkat dan jabatan yang tinggi tidak akan dapat dinikmati apabila tidak sehat. Kesehatan merupakan nikmat yang sangat berharga setelah keimanan. Orang sehat dapat melaksanakan segala aktifitas dengan ringan termasuk aktifitas beribadah kepada Allah SWT.

Terhadap nikmat kesehatan yang diberikan, pertama-tama yang kita lakukan adalah menyukurinya, betapa besar nilai nikmat sehat itu. Berikutnya adalah menjaga dan mempertahankan agar kondisi tetap sehat, bugar, sehingga dapat melaksanakan semua tanggung jawab sebagai hamba ciptaan Allah SWT.

Menjaga dan mempertahankan kesehatan sudah banyak orang yang mengetahuinya, tetapi sedikit yang dapat mempraktikkannya. Secara umum menjaga keseahatan dengan cara menjaga pola makan seimbang, olah raga teratur dan terukur, istirahat cukup, tidak mengkonsumsi “makanan sampah”, mengendalikan emosi dan stress, menjaga pergaulan dan banyak berdoa minta tetap diberi sehat.

Tip sehat yang sedikit dibahas pada kali ini adalah minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Setiap hari tubuh manusia dalam kondisi normal membutuhkan air antara 8 – 10 gelas setara dengan 2 – 2,5 liter. Di dalam tubuh air sangat berfungsi dalam membantu menjaga kesegaran, membantu pencernaan, membantu mengeluarkan kotoran/racun dan mengurangi risiko batu ginjal.

Air sangat membantu memperlancar pencernaan makanan dalam saluran cerna. Makanan yang mudah dicerna akan membantu memudahkan dalam absorbsi/penyerapan oleh tubuh dan akan mempermudah dalam pembuangan kotoran. Dengan demikian akan mengurangi risiko timbulnya penyakit akibat kotoran dalam usus misalnya kanker usus.

Ada cara mudah untuk mengetahui kekurangan air dalam tubuh, yaitu dengan cara mengamati warna air kencing. Dalam keadaan normal, air kencing tidak berwarna (bening). Apabila air kencing berwarna kekuningan, bahkan kecoklatan, itu sebagai salah satu gejala tubuh kekurangan air. Segera minum air putih. Cukup minum air putih setiap hari akan membantu ginjal dalam mengeluarkan kotoran/racun dari dalam tubuh, artinya air sangat membantu dalam menjaga kesehatan ginjal. Di samping itu konsumsi air yang cukup akan mengurangi risiko terjadinya penyakit batu ginjal. Coba sekali-kali amati warna air kencing Anda.

Oleh karena itu sangat disarankan minum air putih cukup setiap hari, mengurangi mengkonsumsi  minuman “soft drink dan minuman suplemen” karena banyak penelitian memberikan kesimpulan minuman “soft drink dan minuman suplemen” tidak bersahabat bagi kesehatan tubuh. Hati hati bagi yang sehari hari beraktifitas dalam ruangan berpendingin AC. Suhu ruang berpendingin AC biasanya dingin, sehingga tidak teras haus padahal tubuh sudah memerlukan air. Oleh karena itu hendaknya tetap minum air putih meskipun tidak terasa haus agar kebutuhan air tercukupi.
Share:

0 comments:

Post a Comment